Jumat, 20 Juli 2012

KEISTEMEWAAN BULAN RAMADHAN


Kehadiran bulan Ramadhan bagi umat islam tentu merupakan suatu momen yang paling tepat untuk memperbaiki makna kehidupan. Di bulan itu, seorang muslim diharapkan dapat mengintrospeksi dan merekonstruksi perjalanan hidupnya. Tujuannya adalah agar fitrah yang sebenarnya dapat diraih. Untuk meningkatkan semangat beribadah di bulan Ramadhan, seorang muslim perlu mengetahui keutamaan bulan Ramadhan dan sikap dalam menyambutnya.

Keistimewaan bulan ramadhan merupakan hal yang sangat di inginkan oleh setiap orang terutama umat islam. Tetapi ini adalah beberapa keistimewaan bulan ramdhan bagi ummat muhammad saja, bukan untuk ummat yang lain : 
  • Pada awal-awal bulan ramadhan. Allah akan senantiasa memperhatikan ummat muhammad dengan detail. Segala amal perbuatan baik akan dilipat gandakan. Yang sunnah-sunnah seakan mejadi wajib sedangkan amalan-amalan wajib akan menjadi lebih dari biasanya. Dan barangsiapa yang diperhatikan oleh allah niscaya dia akan terhindar dari adzab.
  • Bau mulut orang yang berpusa yang berbau tidak sedap akan berubah menjadi wangi sekali melebihi wangi kasturi pada saat hari kiamat nanti.
  • Pada setiap malam bulan ramadhan akan ada berpuluh puluh ribu malaikat yang tuun ke bumi dan senentiasa memohonkan ampun bagi mereka orang orang yang memanfaatkan malamnya dengan bersimpuh, berdzikir serta beribadah pada Allah.
  • Allah akan memerintahakn surga untuk berhiasa diri, sehingga ummat muhammad yang akan masuk surganya allah akan senatiasa merasa nyaman dan tenang.
  • Pada akhir-akhir bulan ramadhan Allah akan melebur dosa-dosa bagi orang yang selalu bertakwa dan beriman pada Allah.
Keistimewaan bulan Ramadhan, banyak diinformasikan dalam Alquran dan Hadis Rasul. Paling tidak ada beberapa keistimewaan yang paling fundamental dalam bulan Ramadhan, sehingga Ramadhan tervisualisasi begitu istimewa. Antara lain:
Pertama, Allah menurunkan Alquran di bulan Ramadhan (QS. Al Baqarah: 185). Kitab suci Alquran memuat konsepsi-konsepsi unversal-eternal yang menjadi petunjuk bagi orang-orang yang ingin selamat dunia dan akhirat. Alquran tidak diragukan lagi kebenarannya sebagai pedoman hidup muslim. Jadi, sangat tepatlah, kalau bulan ini, senantiasa disenandungi dengan bacaan Alquran, baik secara individu dan berjama’ah.
Kedua, Allah mengaruniakan Ramadhan sebagai bulan untuk berpuasa melatih diri menundukkan kekuatan hawa nafsu yang senantiasa mengajak kepada kesesatan, sehingga kembali kepada fitrah. Melalui pengalaman ibadah yang dilakukan secara kontinu dan terencana, diharapkan tumbuh jiwa sejati yang dibalut cahaya iman.
Sebagaimana dikatakan Hamid al-Khuli, bahwa pada puasa terdapat dua kekuatan yang saling tarik-menarik, yaitu kekuatan ruh dan kekuatan jasad. Kekuatan jasad adalah pondasi dasar dalam membentuk manusia yang hina. Sementara kekuatan ruh adalah unsur yang mengontrol kekuatan jasad, yaitu kekuatan yang dilahirkan oleh syariat langit dan undang-undang bumi. Apabila seseorang berpuasa, maka ia akan menuruti bisikan ruh dan terjaga dari kekuatan hawa nafsunya.
Ketiga, Ramadhan sebagai bulan istimewa dan bulan penuh berkah. Allah telah memberikan konvensasi yang lebih terhadap setiap aktivitas ibadah yang dilakukan di bulan Ramadhan. Setiap ibadah yang dilakukan di bulan Ramadhan dilipat gandakan. Ibadah sunat di apresiasikan dengan ibadah wajib. Suatu hal yang tidak terbayangkan, tetapi yang disayangkan masih banyak di antara kita yang kurang begitu menghiraukan kenikmatan ibadah di bulan Ramadhan.
Keempat, pada bulan Ramadhan terdapat malam lailatul qadr, yaitu suatu malam yang lebih baik dari pada seribu bulan, para malaikat diturunkan Allah (QS. Al Qadar: l-6).Lailatul qadr atau yang lajim disebut dengan malam seribu bulan, telah menjadi intipan para mukhlisin, muttaqien dan muqorribin. Karena menurut mereka, salah satu hikmah di sembunyikan kedatangan malam lailatul qadr adalah agar kita benar-benar memelihara ibadah di bulan Ramadhan, sebagaimana yang dilakukan para sahabat-sahabat Rasul.
Sebenarnya masih banyak keutamaan bulan Ramadhan yang tidak dapat diuraikan secara lebih terperinci dalam tulisan ini. Tapi salah satu yang perlu dipahami dari sekian banyak keistimewaan Ramadhan adalah bahwa Allah memberikan kesempatan kepada setiap muslim di bulan itu, untuk melebur segala dosa yang pernah dilakukan. Kesempatan inilah yang harus dimanfaatkan dengan baik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar